Tutorial Tani Cara Menanam Semangka Di Polybag dengan Mudah

Advertisements

Tutorial Tani Cara Menanam Semangka Di Polybag dengan Mudah

Dalam video tutorial tersebut, kita di ajarkan langkah-langkah lengkap dalam menanam semangka di polybag dengan cara yang mudah dan sederhana. Pertama-tama, penyaji dalam video memberi tahu kita bahwa proses penanaman di polybag tidak memerlukan lahan yang luas, sehingga cocok untuk pekarangan yang sempit sekalipun.

Polybag adalah wadah praktis dan ekonomis untuk menanam tanaman, termasuk semangka. Salah satu hal penting sebelum menanam adalah persiapan polybag itu sendiri. Di sarankan untuk memberi waktu selama dua minggu sebelum menanam agar polybag dapat menetralisasi toksin yang mungkin terkandung dalam bahan polybag itu sendiri. Langkah ini penting untuk memastikan lingkungan tanam semangka menjadi lebih optimal.

Baca Juga: Keuntungan Menanam Sayuran di Polybag, Apa Saja?

Setelah polybag siap digunakan, langkah berikutnya adalah menyiapkan media tanam. Media tanam yang disarankan terdiri dari tiga bahan, yaitu arang sekam bakar, pupuk kandang matang, dan tanah biasa. Campurkan ketiga bahan tersebut dengan perbandingan yang tepat, yaitu 2 bagian tanah, 1 bagian pupuk kandang, dan 1 bagian arang sekam bakar. Dengan komposisi media tanam yang tepat, semangka dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas.

Langkah Selanjutnya

Langkah selanjutnya adalah menanam benih semangka secara langsung di polybag. Sebelum menanam, benih semangka direndam dalam air hangat selama sekitar satu jam untuk memecah dormansi dan mempercepat proses perkecambahan. Setelah itu, tanam benih semangka di tengah-tengah polybag dengan kedalaman sekitar 1 cm. Kemudian, tutup benih dengan sedikit media tanam agar permukaannya tetap terlihat.

Salah satu kelebihan dari teknik penanaman langsung di polybag adalah Anda tidak perlu melakukan proses pembibitan terlebih dahulu. Benih semangka dapat langsung ditanam di polybag yang telah disiapkan sebelumnya. Hal ini mempermudah dan mempercepat proses penanaman.

Baca Juga: cara menanam cabe hidroponik

Setelah menanam benih, biarkan polybag tersebut selama 1-2 minggu untuk menetralisasi racun yang mungkin ada dalam media tanam. Setelah itu, Anda bisa membuka polybag untuk memberikan akses cahaya matahari yang lebih baik dan memudahkan tanaman semangka untuk tumbuh.

Hasil dari teknik menanam semangka di polybag ini terbukti sangat memuaskan. Dalam waktu 7 hari setelah penanaman, tanaman semangka sudah mulai tumbuh dengan baik. Proses penanaman di polybag memberikan hasil yang efisien dan cocok untuk Anda yang memiliki lahan terbatas.

Jadi, bagi Anda para pencinta pertanian, menanam semangka di polybag bisa menjadi solusi praktis untuk menghadirkan buah semangka segar di pekarangan Anda. Selain praktis, teknik ini juga efisien dan berhasil menghasilkan tanaman semangka yang sehat dan produktif. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam bercocok tanam semangka di polybag!

Baca juga: cara menanam sawi caisim di botol dari benih sampai panen

baca juga selengkapnya : piringku.com

baca juga berita menarik pertanian di website : anggrekdendrobium.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hi ada yang bisa dibantu??
Hi ada yang bisa dibantu?