Manfaat Cangkang Telur sebagai Pupuk Tanaman

Advertisements

Mudah, Cara Menggunakan Cangkang Telur sebagai Pupuk Tanaman

Cangkang telur yang seringkali dibuang begitu saja ternyata dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami yang berguna bagi pertumbuhan tanaman. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan cangkang telur sebagai pupuk tanaman dengan mudah dan efektif.

1. Menghancurkan Cangkang Telur

Langkah pertama adalah menghancurkan cangkang telur menjadi potongan-potongan kecil. Anda dapat menggunakan blender atau metode lainnya untuk menghancurkannya. Pastikan cangkang telur benar-benar hancur sehingga dapat terurai dengan baik di tanah.

2. Menaburkan Cangkang Telur di Tanah

Setelah cangkang telur hancur, taburkan potongan-potongan cangkang telur di sekitar tanaman atau di dalam lubang tanam. Anda dapat melakukannya saat menanam bibit atau saat perawatan rutin tanaman. Pastikan potongan cangkang telur terdistribusi dengan merata di sekitar akar tanaman.

baca juga: pupuk alami untuk anggrek agar cepat berbunga

3. Pemberian Air

Setelah menaburkan cangkang telur, berikan air secukupnya untuk memastikan potongan cangkang telur dapat terurai dengan baik. Air akan membantu proses penguraian cangkang telur menjadi nutrisi yang dapat diserap oleh tanaman.

4. Manfaatkan Kalsium

Cangkang telur mengandung kalsium yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Nutrisi kalsium dari cangkang telur akan membantu tanaman dalam memperkuat sistem akar, meningkatkan kekuatan batang, dan mencegah penyakit seperti busuk ujung buah pada tomat. Selain itu, kalsium juga membantu meningkatkan kualitas tanah dengan mengatur pH tanah.

5. Kelebihan Nutrisi Tambahan

Selain kalsium, cangkang telur juga mengandung unsur hara lainnya seperti magnesium, kalium, dan fosfor. Kehadiran nutrisi tambahan ini akan memberikan dukungan yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Baca juga: pupuk untuk mempercepat pertumbuhan cabe

6. Proses Penguraian

Cangkang telur akan secara alami terurai di tanah seiring waktu. Proses penguraian ini akan memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada kondisi lingkungan dan kelembaban tanah. Selama proses penguraian, nutrisi dari cangkang telur akan terlepas dan tersedia bagi tanaman.

7. Pengulangan Proses

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda dapat mengulangi proses ini secara berkala. Dengan menggunakan cangkang telur sebagai pupuk tanaman secara rutin, Anda dapat memberikan nutrisi tambahan yang alami dan mendukung pertumbuhan tanaman secara optimal.

Dengan menggunakan cangkang telur sebagai pupuk tanaman, Anda tidak hanya mengurangi limbah organik yang dibuang, tetapi juga memberikan nutrisi alami yang bermanfaat bagi tanaman. Cobalah cara ini di kebun atau tanaman pot Anda dan nikmati hasilnya yang lebih segar dan sehat!

Baca juga : Aplikasi APG Pupuk Indonesia

baca juga selengkapnya : www.anggrekdendrobium.com

temukan perabotan terlengkap : www.piringku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hi ada yang bisa dibantu??
Hi ada yang bisa dibantu?