Hama pohon mangga

Advertisements

Hama dan Penyakit pada Buah Mangga

Buah mangga merupakan salah satu buah tropis yang sangat populer di Indonesia. Namun, seperti halnya tanaman lainnya, mangga juga rentan terhadap serangan hama dan penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan dan kualitas buahnya. Berikut ini adalah beberapa hama dan penyakit umum yang sering menyerang buah mangga, beserta cara pengendaliannya:

1. Ulat Buah

Ulat buah adalah salah satu hama yang sering menyerang buah mangga. Larva ulat ini memakan isi buah dan dapat merusak struktur internal buah yang menyebabkan buah menjadi busuk. Untuk mengendalikan ulat buah, penggunaan insektisida yang sesuai dan aman merupakan pilihan yang umum di lakukan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan pada label insektisida dan lakukan aplikasi dengan benar.

2. Tungau

Tungau juga dapat menjadi masalah pada tanaman mangga. Serangan tungau biasanya di tandai dengan adanya bintik-bintik keperakan pada daun dan kulit buah. Untuk mengendalikan tungau, di sarankan untuk menggunakan insektisida yang mengandung bahan aktif yang efektif melawan tungau. Selain itu, menjaga kelembaban yang optimal di sekitar tanaman dan membersihkan daun secara teratur juga dapat membantu mengurangi populasi tungau.

Baca juga: cara mengatasi hama semut pada tanaman

3. Antraknosa

Antraknosa adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur Colletotrichum gloeosporioides. Penyakit ini di tandai dengan adanya bintik-bintik hitam pada buah yang kemudian membesar dan mengeluarkan spora berwarna merah atau oranye. Untuk mengendalikan antraknosa, perlu di lakukan tindakan pencegahan seperti memangkas cabang-cabang yang terinfeksi, menghindari kelembaban yang tinggi, dan mengaplikasikan fungisida yang sesuai.

4. Busuk Buah Akibat Jamur

Selain antraknosa, ada juga beberapa jenis jamur lain yang dapat menyebabkan buah mangga membusuk. Jamur seperti Phytophthora sp. dan Rhizopus sp. dapat menginfeksi buah yang terluka dan menyebabkan kerusakan yang signifikan. Pengendalian busuk buah akibat jamur dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan, menghindari kerusakan fisik pada buah, dan menggunakan fungisida yang tepat.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida alami Untuk Hama Tanaman

5. Penyakit Layu Fusarium

Penyakit layu Fusarium disebabkan oleh jamur Fusarium sp. dan dapat menyebabkan kematian pada tanaman mangga. Tanaman yang terinfeksi akan mengalami gejala layu, daun menguning, dan akhirnya mati. Pengendalian penyakit layu Fusarium dapat dilakukan dengan menggunakan bibit yang tahan terhadap penyakit ini, menjaga kebersihan lingkungan, dan menghindari penyebaran jamur melalui alat-alat pertanian yang terkontaminasi.

Kesimpulan

Hama dan penyakit pada buah mangga dapat menyebabkan kerugian yang signifikan jika tidak ditangani dengan baik. Penting untuk melakukan pemantauan secara teratur pada tanaman mangga dan mengambil tindakan preventif serta pengendalian yang tepat saat terjadi serangan. Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan praktik pertanian yang baik juga merupakan langkah penting dalam mencegah serangan hama dan penyakit.

Baca juga: Pestisida Organik Paling ampuh Untuk Semua Hama Tanaman

baca juga selengkapnya tentang anggrek di anggrekdendrobium.com
dapatkan ide jualan menarik di 
piringku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hi ada yang bisa dibantu??
Hi ada yang bisa dibantu?