cara menanam ubi jalar agar berbuah lebat

Advertisements

 cara menanam ubi jalar agar berbuah lebat

cara menanam ubi jalar agar berbuah lebat

cara menanam ubi jalar agar berbuah lebat Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk menanam ubi jalar agar berbuah lebat:

  • Pilih Jenis Tanah yang Cocok Ubi jalar dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, tetapi tanah yang subur dan gembur sangat ideal untuk menanam ubi jalar. Pastikan tanah memiliki kandungan nutrisi yang cukup dengan pH antara 5,5 hingga 6,5. Selain itu, pastikan tanah memiliki drainase yang baik agar air tidak menggenang di sekitar tanaman.
  • Persiapan Bibit Ubi Jalar  dapat di peroleh dengan membeli bibit siap tanam atau menanam setek dari ubi jalar yang sudah matang. Jika menggunakan setek, pastikan untuk memilih setek yang sehat dan bebas dari penyakit atau kerusakan.

Baca juga: cara menanam pakcoy di polybag

  • Cara Penanaman Ubi jalar dapat di tanam dengan menggunakan berbagai metode seperti penanaman langsung di lahan, pembibitan terlebih dahulu, atau dengan menggunakan polybag. Pastikan untuk menanam bibit dengan kedalaman sekitar 5-7 cm dan jarak antar tanaman sekitar 30-40 cm.
  • Pemupukan Pemupukan yang tepat sangat penting untuk mendapatkan hasil panen yang optimal. Lakukan pemupukan sekitar 2 minggu setelah penanaman dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk NPK dengan komposisi yang tepat.
  • Penyiraman dan Pengendalian Hama dan Penyakit Ubi jalar membutuhkan penyiraman yang cukup untuk tumbuh dengan baik, tetapi pastikan untuk tidak memberikan terlalu banyak air agar tidak menyebabkan genangan. Selain itu, lakukan pengendalian hama dan penyakit dengan menyemprotkan insektisida dan fungisida secara teratur untuk mencegah serangan hama dan penyakit pada tanaman.

Baca juga: cara menanam seledri hidroponik di botol bekas

  • Panen dan Pascapanen Ubi jalar dapat dipanen setelah sekitar 4-6 bulan setelah penanaman. Periksa apakah umbi sudah matang dengan memeriksa warna kulit ubi yang sudah mengering dan menguning. Setelah dipanen, biarkan ubi jalar terlebih dahulu selama beberapa hari untuk mengering dan mengeras sebelum disimpan atau dijual.

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda dapat menanam dengan mudah dan mendapatkan hasil panen yang melimpah. Pastikan untuk menjaga kebersihan lahan dan melakukan perawatan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal. Semoga berhasil!

Baca juga: www.piringku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hi ada yang bisa dibantu??
Hi ada yang bisa dibantu?