cara menanam tomat di polybag

Advertisements

Cara Menanam Tomat di Polybag untuk Hasil Buah Lebat

Tomat adalah buah rendah kalori dan lemak yang kaya akan vitamin serta mineral. Dapat diolah menjadi jus, digunakan sebagai lalapan, atau menjadi bahan masakan seperti tumisan dan sajian lainnya. Dalam panduan ini, kami akan memandu Anda dalam cara menanam tomat di polybag untuk mendapatkan hasil buah yang lebat.

Persiapan Media Tanam

Siapkan media tanam dengan campuran tanah kompos mentah dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1. Pastikan campuran merata. Gunakan polybag dengan ukuran minimal 35, lebih besar seperti 40 atau 45 akan lebih baik.

Penanaman Bibit Tomat

Basahi media tanam sebelum menanam. Jika bibit sudah berusia sekitar 20 hari, buat lubang tanam dan masukkan bibit hingga di bawah daun lembaga. Timbun kembali dengan hati-hati.

Baca juga: cara menanam kentang untuk pemula

Penyiraman dan Pemupukan

Lakukan penyiraman setelah menanam. Untuk pemupukan, gunakan NPK 16-16 dengan dosis 1 sendok makan per 10 liter air. Siram tiap tanaman secara merata. Lakukan pemupukan ini setiap 4 atau 5 hari sekali.

Pengendalian Hama

Untuk mengantisipasi hama, Anda dapat menggunakan Regent dengan dosis 1 ml per liter air. Semprotkan pada tanaman seminggu sekali, idealnya pada pagi atau sore hari.

Pemasangan Acir atau Sandaran

Pasang acir atau sandaran ketika tanaman tomat mulai tinggi. Anda dapat menggunakan bambu untuk menyangganya, ini akan membuat tanaman tetap tegak dan tidak roboh.

Baca juga : cara menanam melon dari biji

Pemangkasan dan Perawatan

Lakukan pemangkasan secara berkala, mulai dari daun bagian bawah dan tunas-tunas di bawah cabang. Jika ada gulma, bersihkan karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

Tambahan Media Tanam

Jika akar sudah mulai terlihat di permukaan media, tambahkan media tanam untuk memberikan dukungan lebih.

Pupuk Tambahan pada Masa Berbuah

Selain NPK, tambahkan pupuk karate plus dengan dosis yang sama. Campurkan 1 sendok makan NPK dan 1 sendok makan pupuk karate plus boron ke dalam 10 liter air.

Baca juga: cara menanam anggur dari biji

Panen Tomat

Pilih tomat yang sudah berwarna merah untuk dipanen. Biarkan yang masih hijau untuk tumbuh lebih besar. Panen dilakukan dua atau tiga hari sekali, terutama pada pagi atau sore hari.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menanam tomat di polybag dengan hasil buah yang lebat. Selamat mencoba! Jika ada kata-kata yang kurang jelas atau Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Terima kasih!

Jual benih bibit: Benih Bibit Biji Super Sayur Selada Hijau

baca juga selengkapnya tentang anggrek di anggrekdendrobium.com
dapatkan ide jualan menarik di piringku.com
channel : tanam menanam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hi ada yang bisa dibantu??
Hi ada yang bisa dibantu?