cara menanam seledri hidroponik di botol bekas

Advertisements

Cara Menanam Seledri Hidroponik di Botol Bekas: Solusi Praktis dan Ramah Lingkungan

Cara menanam seledri hidroponik di botol bekas merupakan alternatif cerdas untuk memanfaatkan ruang terbatas dan mendukung gaya hidup ramah lingkungan. Metode ini memungkinkan Anda untuk menanam seledri dengan efektif tanpa memerlukan lahan yang luas. Dalam panduan ini, kita akan membahas langkah-langkahnya secara rinci.

Persiapan Media Tanam

Pertama, siapkan media tanam. Biasanya, rockwool adalah pilihan umum dalam hidroponik. Namun, kita akan menggunakan spons yang telah dipotong sekitar 2 cm persegi. Pastikan spons sudah dibersihkan dari kotoran atau debu sebelum digunakan.

Penyemaian Benih Seledri

Basahi ujung jari Anda dan tempelkan ke benih seledri. Usapkan benih ke permukaan spons. Tempatkan wadah penyemaian di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung. Pastikan media tetap lembab.

Baca juga : Cara Menanam sayuran di galon bekas

Pembesaran di Botol Bekas

Setelah sekitar satu hingga dua minggu, benih akan mulai tumbuh akar. Saat itulah Anda bisa memindahkan bibit ke dalam botol bekas yang telah di bersihkan. Gunakan botol bekas obat atau botol air mineral yang telah di potong sesuai ukuran netpot atau pot. Pastikan untuk mencuci botol hingga bersih sebelum digunakan.

Pemindahan dan Pemberian Nutrisi

Setelah sekitar 25 hari, bibit seledri siap untuk di pindahkan ke botol bekas. Campurkan nutrisi AB mix sesuai takaran dan masukkan ke dalam botol. Pastikan air mencapai netpot.

Perawatan dan Pemantauan

Periksa secara berkala tingkat air di dalam botol. Jika sudah berkurang, tambahkan campuran air nutrisi sesuai takaran. Pastikan seledri mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Baca juga: cara menanam pakcoy di polybag

Panen Seledri

Setelah sekitar lima minggu, seledri sudah siap untuk dipanen. Pilih seledri yang telah tumbuh dengan baik dan panen dengan hati-hati.

Kesimpulan

Menanam seledri hidroponik di botol bekas adalah cara yang efektif untuk memanfaatkan ruang terbatas. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menikmati hasil panen seledri segar di rumah Anda sendiri. Selamat mencoba!

Harga bibit : ISI TERBANYAK Benih Bibit Sayuran Kangkung Bayam Selada Caisim Pakcoy Cabe Terong Seledri Hidroponik

baca juga selengkapnya tentang anggrek di anggrekdendrobium.com
dapatkan ide jualan menarik di piringku.com
channel : tanam menanam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hi ada yang bisa dibantu??
Hi ada yang bisa dibantu?