cara menanam microgreens

Advertisements

 cara menanam microgreens

Microgreens, atau tumbuhan kecil yang biasa di konsumsi dalam bentuk tunas-tunas muda, semakin populer dalam dunia pertanian urban. Dalam video ini, Gani memberikan panduan praktis mengenai persiapan media tanam dan cara menanam microgreen dengan dua metode yang berbeda.

Persiapan Media Tanam

Dalam menanam microgreen, persiapan media tanam menjadi langkah awal yang penting. Terdapat dua jenis biji yang perlu diperhatikan, yaitu biji besar dan biji kecil. Gani telah menyiapkan dua jenis tray yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan kedua jenis biji tersebut.

Pemadatan dan Perataan

Setelah tray disiapkan, proses pemadatan dan perataan permukaan tanah di perlukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan permukaan tanah tidak bergelombang, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik dan merata.

Baca juga: Cara Menanam sayuran di galon bekas

Penyiraman

Penting untuk memperhatikan cara penyiraman tergantung pada jenis tray yang di gunakan. Tray tanpa lubang di bawahnya cocok untuk tanaman seperti kangkung dan kacang hijau atau hitam. Tanaman-tanaman ini tidak akan mengalami masalah dengan air berlebih, sehingga tidak perlu dilubangi terlebih dahulu sebelum ditanam.

Memilih dan Menyiapkan Bibit

Sebelum menanam, pastikan untuk mencuci bibit kangkung dengan baik. Hal ini penting karena terkadang bibit tersebut mengandung residu pestisida. Pastikan warnanya kembali normal sebelum di rendam, yang mengindikasikan bahwa residu telah hilang. Seiring dengan itu, Gani juga memberikan tips untuk menanam kacang hitam.

Baca juga: cara menanam pakcoy di polybag

Menyemai Bibit

Sesuai dengan jenis bibitnya, terdapat dua pendekatan berbeda. Bibit besar seperti kangkung dan kacang hitam memerlukan pemadatan dan penimbangan khusus untuk memastikan pertumbuhan yang optimal. Sementara itu, bibit kecil seperti bayam, sawi, dan chia seed hanya perlu ditabur dan disiram dengan lembut.

Penutup dan Perawatan

Setelah menyemai bibit, pastikan untuk menutupnya dengan baik. Untuk menjaga kondisi lembab, Gani menggunakan tutup hitam yang akan mencegah cahaya masuk. Selanjutnya, tray di tempatkan di tempat yang gelap agar perkecambahan berlangsung dengan cepat.

Baca juga: cara menanam bunga bugenvil agar subur

Pemeliharaan dan Pemantauan

Setelah kecambah muncul, tatakan tray diperkenalkan pada lampu untuk memastikan pertumbuhan yang sehat. Pastikan untuk terus memantau kelembaban dan memberikan air sesuai kebutuhan.

Dengan panduan praktis ini, Anda dapat dengan mudah menanam microgreen di rumah Anda sendiri. Selamat mencoba! cara menanam microgreens

jual benih: Benih Bibit Biji Super Sayur Selada Hijau

baca juga selengkapnya tentang anggrek di anggrekdendrobium.com
dapatkan ide jualan menarik di piringku.com
channel : Gani the yong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hi ada yang bisa dibantu??
Hi ada yang bisa dibantu?