cara menanam kacang panjang

Advertisements

Menanam kacang panjang di pekarangan rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan memberikan hasil panen segar. Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah cara menanam kacang panjang sebagi berikut:

1. Pemilihan Lokasi dan Persiapan Lahan

Pilih lokasi yang mendapatkan sinar matahari cukup setiap hari. Pastikan tanah memiliki drainase yang baik dan tidak tergenang air. Lakukan persiapan lahan dengan membersihkan area dari gulma dan sampah organik.

2. Pemilihan Biji Kacang Panjang

Pilih biji kacang panjang yang berkualitas baik. Anda dapat membeli biji tersebut di toko pertanian terdekat. Pastikan untuk memilih varietas yang sesuai dengan iklim dan musim tanam di daerah Anda.

Baca juga: CARA MENANAM JAMBU AIR DALAM POT

3. Penanaman Biji

Tanamlah biji kacang panjang di tanah dengan kedalaman sekitar 3-5 cm. Pastikan untuk memberikan jarak yang cukup antara setiap biji, sekitar 15-20 cm, agar tanaman memiliki ruang yang cukup untuk tumbuh.

4. Pemberian Air dan Pemeliharaan

Setelah menanam, siram tanaman secara menyeluruh. Pastikan tanah tetap lembab tetapi tidak terlalu basah. Selama pertumbuhan, berikan pupuk organik untuk memberikan nutrisi yang diperlukan.

5. Penopang Tanaman

Kacang panjang biasanya memerlukan penopang untuk tumbuh. Anda dapat menggunakan tiang bambu atau rangkaian kawat sebagai penopang. Pasang penopang tersebut secara hati-hati untuk mendukung tanaman saat tumbuh.

Baca Juga: cara menanam kentang untuk pemula

6. Pemantauan Pertumbuhan

Perhatikan pertumbuhan tanaman. Pastikan untuk menghilangkan gulma dan memangkas tanaman jika diperlukan. Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mendeteksi adanya hama atau penyakit.

7. Waktu Panen

Kacang panjang biasanya siap panen setelah 55 hari. Panenlah kacang panjang ketika sudah cukup besar, dan lakukan secara bertahap. Pemetikan yang rutin akan mendorong pertumbuhan buah yang lebih baik.

8. Penyimpanan Hasil Panen

Simpan kacang panjang yang telah dipanen di tempat yang sejuk dan kering. Hindari menyimpannya di tempat yang terlalu lembap.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menikmati panen kacang panjang yang segar dan lezat dari pekarangan rumah Anda sendiri. Selamat menanam!.

Join grup telegram: anggrekdendrobium
Join channel telegram: anggrekdendrobium
baca juga selengkapnya tentang anggrek di anggrekdendrobium.com
dapatkan ide jualan menarik di piringku.com
channel : Gardening Soul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hi ada yang bisa dibantu??
Hi ada yang bisa dibantu?