cara menanam jeruk santang madu

Advertisements

Jeruk santang madu adalah jenis jeruk yang populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jeruk ini dikenal karena rasa manisnya yang lezat dan aroma harumnya yang khas. Jeruk santang madu juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Jika Anda ingin menanam jeruk santang madu di kebun Anda, artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara menanam jeruk santang madu.

Bagaimana Menanam Jeruk Santang Madu?

Pilih Bibit yang Berkualitas

Pertama-tama, Anda perlu memilih bibit jeruk santang madu yang berkualitas. Pilih bibit yang sehat, kuat, dan bebas dari penyakit. Pastikan bibit yang Anda pilih memiliki akar yang baik dan tunas yang kuat.

Baca juga: cara Menanam selada di pot gantung

Persiapan Lahan

Setelah Anda mendapatkan bibit jeruk santang madu yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan lahan. Jeruk santang madu membutuhkan tanah yang subur, gembur, dan memiliki drainase yang baik. Pastikan lahan yang Anda pilih terkena sinar matahari cukup dan tidak terlalu lembab.

Penanaman

Setelah lahan siap, langkah selanjutnya adalah menanam bibit jeruk santang madu. Lakukan penanaman di lubang yang sudah disiapkan dengan kedalaman sekitar 50 cm. Beri jarak sekitar 5-7 meter antara satu pohon dengan pohon lainnya. Setelah itu, siram bibit jeruk santang madu dengan air secukupnya.

Baca juga: cara menanam cabe hidroponik

Perawatan Tanaman

Agar jeruk santang madu tumbuh dengan baik, Anda perlu merawatnya dengan baik. Pastikan tanaman selalu mendapatkan air yang cukup dan pupuk yang tepat. Siram tanaman secara teratur dan beri pupuk organik setiap 2-3 bulan sekali. Jangan lupa juga untuk melakukan pemangkasan pada cabang yang rusak atau terlalu panjang.

Panen Jeruk Santang Madu

Setelah sekitar 2-3 tahun, jeruk santang madu sudah siap dipanen. Jeruk yang sudah matang biasanya memiliki kulit yang berwarna kuning keemasan dan rasanya manis. Anda dapat memanen jeruk santang madu dengan memetiknya secara langsung dari pohon.

Baca juga: cara menanam kentang untuk pemula

FAQ

1. Apakah Jeruk Santang Madu Mudah Ditanam?

Jeruk santang madu relatif mudah di tanam, asalkan bibit yang di pilih berkualitas dan lahan yang di siapkan memenuhi persyaratan.

2. Apakah Jeruk Santang Madu Membutuhkan Penyiraman Rutin?

Ya, jeruk santang madu membutuhkan penyiraman rutin untuk tumbuh dengan baik.

3. Berapa Lama Jeruk Santang Madu Matang?

Jeruk santang madu biasanya matang setelah sekitar 2-3 tahun.

website: www.anggrekdendrobium.com
baca juga selengkapnya : www.piringku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hi ada yang bisa dibantu??
Hi ada yang bisa dibantu?