cara menanam jahe di lahan terbuka

Advertisements

Hai, selamat datang kembali di channel berkarya kami! Pada video kali ini, kita akan membahas cara menanam jahe dapur secara mudah dalam polybag, cocok untuk skala rumahan. Ikuti langkah-langkahnya dengan seksama untuk hasil terbaik.

Persiapan Awal: Rimpang Jahe dan Penyemaian

Pertama-tama, pastikan Anda memiliki rimpang jahe yang sudah tumbuh pucuk atau tunas kecil berwarna hijau. Jika tidak, kita bisa mencoba menumbuhkan tunas dengan cara penyemaian. Ini penting agar bibit jahe dapat berkembang dengan baik.

Baca juga: cara menanam bawang merah

Media Tanam yang Sederhana

Siapkan wadah untuk penyemaian dengan menggunakan campuran arang, sekam, dan tanah pekarangan. Rasio tanah 2:1 arang sekam, ditambah pupuk kandang. Setelah dipotong-potong, timbun jahe dengan media tanam ini.

Proses Penanaman di Polybag

Setelah proses penyemaian, bibit jahe yang sudah tumbuh dapat di pindahkan ke polybag. Campuran tanah, arang sekam, dan pupuk kandang kembali digunakan. Pastikan untuk merawatnya dengan menyiramnya hingga media tanam jenuh air.

Baca Juga: cara menanam terong dari biji

Pemindahan ke Media Tanam Baru

Ketika bibit jahe telah mencapai usia tertentu, sekitar 50 hari, dan memiliki 5-6 daun sejati, saatnya untuk memindahkannya ke media tanam yang lebih besar. Campur tanah, arang sekam, dan pupuk kandang untuk persiapan media tanam.

Penanaman di Polybag yang Baru

Lubangi media tanam di polybag, pindahkan bibit jahe dengan hati-hati, dan pastikan akarnya tidak terpotong. Simpan bibit jahe dengan tanahnya, dan lakukan hal yang sama pada bibit jahe lainnya.

Perawatan dan Pemanenan

Tempatkan tanaman jahe di tempat terbuka yang mendapatkan sinar matahari cukup. Lakukan penyiraman dua hari sekali dan berikan pupuk NPK setiap 10 hari sekali. Pemanenan dapat di lakukan setelah tanaman jahe mencapai usia empat bulan ke atas.

Baca Juga: cara menanam cabe hidroponik

Menanam jahe di rumah tidak hanya efisien tetapi juga memberikan pengalaman menyenangkan dalam bercocok tanam. Dengan cara ini, Anda dapat menikmati jahe segar yang di petik sendiri untuk keperluan dapur Anda. Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda yang ingin menanam jahe skala rumahan. Jangan lupa subscribe untuk tips pertanian lainnya. Terima kasih!

baca juga selengkapnya tentang anggrek di anggrekdendrobium.com
dapatkan ide jualan menarik di piringku.com
channel : sunda berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hi ada yang bisa dibantu??
Hi ada yang bisa dibantu?