cara membuat bibit kentang dari biji

Advertisements

Menanam bibit kentang bukan lagi menjadi hal yang sulit dengan panduan praktis yang dapat di ikuti melalui video “Cara Membuat Bibit Kentang || Semaikan Umbi Kentang”. Dalam artikel ini, kita akan merangkum langkah-langkahnya secara rinci agar Anda dapat memulai perjalanan menanam kentang sendiri di rumah.

1. Memilih Umbi Kentang yang Tepat

Pertama-tama, pastikan Anda memiliki umbi kentang yang baik. Video menyarankan untuk memilih umbi yang memiliki bagian cekung atau tidak rata, karena ini merupakan tempat tunas baru kemungkinan besar akan muncul.

Baca juga: cara menanam tomat di polybag

2. Pemotongan Umbi dengan Teliti

Proses pemotongan umbi dilakukan dengan hati-hati. Pastikan untuk tidak membuat potongan terlalu tipis atau terlalu tebal. Video memberikan panduan visual yang jelas agar Anda dapat melakukannya dengan benar.

3. Persiapan Media Semai

Segera setelah pemotongan, persiapkan media semai. Gunakan kain lap yang di rendam dalam air dan peras hingga tidak ada air yang menetes. Letakkan kain lap ini di dalam toples, dan atur potongan umbi kentang secara rapi di atasnya. Tutup toples rapat untuk menjaga kelembaban tempat semai.

Baca juga: cara menanam kentang

4. Perkembangan Tunas

Beberapa hari setelah proses penyemaian, video memperlihatkan perkembangan tunas dari potongan umbi kentang. Empat irisan umbi telah mengeluarkan tunas kecil, menandakan keberhasilan proses pembuatan bibit kentang.

5. Penanaman di Tanah atau Polibeg

Langkah terakhir yang di jelaskan dalam video adalah menanam bibit kentang di tanah. Meskipun tunas masih kecil, penanaman pertama di lakukan dalam pot atau polybag sebelum kemudian ditanam langsung di tanah.

Baca juga:cara menanam kecambah kacang hijau dengan kapas

Mengikuti langkah-langkah ini akan memastikan Anda dapat menikmati proses menanam bibit kentang dengan mudah dan efektif. Mulailah perjalanan pertanian kecil Anda di rumah dan saksikan pertumbuhan kentang yang Anda tanam sendiri. Selamat menanam!

baca juga selengkapnya tentang anggrek di anggrekdendrobium.com
dapatkan ide jualan menarik di piringku.com
channel : Bawor banyumas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hi ada yang bisa dibantu??
Hi ada yang bisa dibantu?